| Memilih skubek juga harus memikirkan jangka panjangnya. Jadi, tidak melulu murah di awal dan mahal belakangan.
Kalau di skubek, harga komponen daleman CVT yang bisa dibandingkan. Sebab, biasanya pemilik motor matik bakal berteriak ketika komponen CVT harus diganti. Teriak minta tolong karena harganya lumayan tinggi.
Supaya lengkap mari bandingkan banderol komponen fast dan slow moving. Part fast moving kemampuannya sangat terbatas pada jarak tempuh atau pemakain yang lebih cepat. Seperti contoh roller atau v-belt yang disarankan harus lakukan penggantian setiap tunggangan sudah menempuh jarak 10.000 km atau lebih 1 tahun.
Selain itu kudu lihat harga komponen slow moving. Kerusakan part terlacak dari tingkat keausan yang menyebabkan perubahan bentuk. Ya, misalnya rumah roller bakal lebih lama diganti baru ketimbang rollernya sendiri. Sebab memang kondisi dan kemampuan komponen yang dirancang tahan gesek juga tekanan.
Selain itu wajib tahu juga daleman CVT yang bisa saling tukar antar merek motor. Contoh kampas kopling. Kampas kopling ganda milik Honda BeAT. Banyak dipakai untuk merek lain.
Banyak pemilik Mio pasang kampas kopling BeAT. Alasannya karena lebih awet dan bagus untuk akselerasi karena lebih panjang,” ungkap Sugeng dari Cineng Motor di Batas, Kreo, Ciledug, Tangerang.
Selain lebih kuat, harga kampas kopling BeAT juga lebih murah. Kalau tidak percaya, lihat saja harganya di tabel atas. Lengkap kan?
KAMPAS KOPLING Honda Vario : Rp 220.000 Honda BeAT : Rp 110.000 Honda Scoopy : Rp 110.000 Suzuki Spin 125 : Rp 225.000 Suzuki Skydrive 125 : Rp 225.000 Suzuki Skywave 125 : Rp 225.000 Yamaha Mio : Rp 233.000 Yamaha Nouvo : Rp 312.000 Yamaha Xeon 125 : Rp 209.000
GIGI RASIO Honda Vario : Rp 149.000 Honda BeAT : Rp 149.000 Honda Scoopy : Rp 149.000 Suzuki Spin 125 : Rp 176.800 Suzuki Skydrive 125 : Rp 140.800 Suzuki Skywave 125 : Rp 140.800 Yamaha Mio : Rp 153.000 Yamaha Nouvo : Rp 243.000
RUMAH ROLLER Honda Vario : Rp 60.000 Honda BeAT : Rp 54.000 Honda Scoopy : Rp 54.000 Suzuki Spin 125 : Rp 105.000 Suzuki Skydrive 125 : Rp 105.000 Suzuki Skywave 125 : Rp 105.000 Yamaha Mio : Rp 57.000 Yamaha Nouvo : Rp 57.000 Yamaha Xeon 125 : Rp 60.000
PER CVT Honda Vario : Rp 19.000 Honda BeAT : Rp 22.500 Honda Scoopy : Rp 22.500 Suzuki Spin 125 : Rp 12.800 Suzuki Skydrive 125 : Rp 12.800 Suzuki Skywave 125 : Rp 12.800 Yamaha Mio : Rp 39.000 Yamaha Nouvo : Rp 66.000 Yamaha Xeon 125 : Rp 22.000
PULI KIPAS Honda Vario : Rp 161.000 Honda BeAT : Rp 110.000 Honda Scoopy : Rp 110.000 Suzuki Spin 125 : Rp 55.000 Suzuki Skydrive 125 : Rp 55.000 Suzuki Skywave 125 : Rp 55.000 Yamaha Mio : Rp 18.000 Yamaha Nouvo : Rp 21.000 Yamaha Xeon 125 : Rp 19.000
MANGKUK KOPLING Honda Vario : Rp 90.000 Honda BeAT : Rp 70.000 Honda Scoopy : Rp 70.000 Suzuki Spin 125 : Rp 82.000 Suzuki Skydrive 125 : Rp 82.000 Suzuki Skywave 125 : Rp 82.000 Yamaha Mio : Rp 165.000 Yamaha Nouvo : Rp 277.000 Yamaha Xeon 125 : Rp 86.000
|
|
tq atas informasinya..
BalasHapuskembali
Hapusuntuk kampas kopling vario bs kah pk honda beat ato yg laen?vario ga kuat tanjakan apakah bs disebabkan kampas kopling?thanks infonya.
BalasHapusarif
lebih baik pake kopling yang standart aja anjuran dari pabrik...Klo vario ga kuat tanjakan, bisa dipengaruhi oleh kemampuan mesin itu sendiri, serta kampas kopling sentrifugal yang sudah melampaui batas servis.perlu diketahui bahwa motor dengan jenis cvt seperti vario ato cvt yang lain, kecepatan dan tenaga secara otomatis diatur oleh sistem penggerak depan dan sistem penggerak belakang.
Hapus